10 Perbedaan Body Serum Dengan Body Lotion

951651 720 removebg preview 1

Bagaimana cara membedakan Body Serum dengan Body Lotion?

Masih bingung Perbedaan Body Serum Dengan Body Lotion. Tak sedikit orang menganggap produk ini sama, padahal dari segi manfaatnya sudah berbeda. Body serum dan body lotion adalah dua produk perawatan kulit yang digunakan untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit tubuh meskipun keduanya sama-sama untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Tetapi memiliki perbedaannya seperti body lotion dapat digunakan untuk semua jenis kulit sedangkan body serum khusus untuk kulit bermasalah.

           Sebenarnya, body serum dan body lotion memiliki fungsi yang sama. Agar dapat memahami perbedaannya, simak penjelasannya:

  1. Konsistensi dan Tekstur

Body serum Biasanya memiliki konsistensi yang lebih ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Tekstur yang lebih cair daripada body lotion. Hal ini karena body serum mengandung lebih sedikit minyak dan lebih banyak air.

Body lotion lebih tebal dan kaya, memiliki tekstur krim atau lotion yang memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

2. Perbedaan Fungsi

Sebelumnya body lotion lebih populer sebagai melembapkan kuit dan melindungi kulit dari sinar UV. Seiringnya berjalannya waktu banyak orang memiliki masalah kulit berbeda-beda. kemudian hadirlah body serum sebagai pelembap kulit dan mengatasi permasalahan kulit yang lebih spesifik dan body serum ini untuk permasalahan kulit penyerapan lebih cepat, lebih maksimal, ringan, dan mudah menyerap sampai ke lapisan terdalam kulit.

3. Kandungan Aktif

Body serum mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin, peptide, atau antioksidan yang bertujuan untuk merawat kulit, mengatasi masalah kulit tertentu, atau memberikan manfaat tambahan selain kelembapan. Body serum formulanya lebih ringan gampang diserap kulit. Menggunakan bahan water based.

Body lotion diformulasikan untuk memberikan kelembapan ekstra dan memelihara kulit, tetapi tidak selalu mengandung bahan-bahan aktif yang sama seperti body serum. Body lotion lebih cair dan sedikit kandungan minyaknya. Untuk kulit normal tidak bermasalah.

4. Tujuan Penggunaan

Body serum digunakan untuk merawat kulit yang lebih intensif, seperti mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, atau mengatasi masalah kulit khusus.

Body lotion digunakan secara umum untuk menjaga kelembapan kulit dan menjadikannya halus serta lembut. Biasanya digunakan sehari-hari setelah mandi.

5. Manfaat

Body serum memiliki manfaat yang lebih beragam dibandingkan body lotion. Body serum dapat digunakan untuk:

  • Melembabkan kulit
  • Menjaga elastisitas kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Menyamarkan noda hitam
  • Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah
  • Mencegah penuaan dini

Body lotion memiliki manfaat yang lebih umum, yaitu:

  • Melembabkan kulit
  • Menjaga elastisitas kulit
  • Menjaga kulit tetap sehat

6. Cara Kerja

Body serum memiliki molekul lebih kecil, cepat menyerap, tidak meninggalkan rasa lengket dikulit, dan membentuk skin barrier.

Body Lotion menghidrasi kulit terasa lebih lengket di kulit setelah diaplikasikan dan memerlukan waktu lebih lama untuk meresap.

7. Penggunaan

Body serum lebih spesifik digunakan untuk kulit kering dan kasar, kulit bermasalah, sensitive, bersisik, dan penuaan dini.

Body lotion dapat digunakan pada semua jenis kulit. Diperuntukkan untuk kulit normal.

8. Frekuensi penggunaan

Body serum dapat digunakan 1-2 kali sehari sedangkan untuk Body lotion dapat digunakan 2-3 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

9. Kemasan

Body serum sering dikemas dalam botol kaca atau plastic yang lebih ramping dengan alikator tetes atau pump.

Body lotion biasanya dikemas dalam botol plastik atau tube yang lebih besar dengan tutup flip atau pump.

10. Harga

Body serum umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan body lotion.

            Ketika memilih antara body serum dan body lotion, pertimbangkan kebutuhan kulit anda dan tujuan penggunaannya. Body serum cocok jika anda ingin merawat masalah kulit tertentu, sementara body lotion lebih cocok untuk menjaga kelembapan kulit secara umum. Anda juga dapat menggabungkan keduanya dalam rutinitas perawatan kulit anda jika diperlukan.

Artikel menarik lainnya:

  1. Body lotion seperti apa yang cocok untuk kulit kering?
  2. Body lotion untuk memutihkan kulit sesuai kebutuhan kulit

Related Posts