5 Akibat Tidak Eksfoliasi Wajah yang Bisa Kamu Alami

Beberapa akibat tidak eksfoliasi wajah secara rutin bisa menyebabkan banyak masalah pada wajah kamu, seperti berjerawat dan banyaknya komedo yang bermunculan.

Eksfoliasi wajah adalah salah satu solusi terkait masalah tersebut. Kegiatan perawatan ini memiliki tujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit, dengan begitu diharapkan kulit menjadi cerah, tidak kusam dan sehat kembali.

Sayangnya tidak semua orang bersedia atau mau menjalani eksfoliasi wajah dengan beragam faktor dan alasan.

Nah bagi kamu yang tidak sempat atau tidak bisa melakukan eksfoliasi wajah, ada beberapa akibat tidak eskfoliasi wajah yang bisa ditimbulkan dan ini harus dipahami dengan baik.

Menurut Yesdok.com ada beberapa akibat yang timbul karena tidak melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, dan bisa menjadi sumber masalah lain terhadap wajah seseorang.

Akibat Tidak Eksfoliasi Wajah

Wajah adalah mahkota bagi wanita dan sebagian pria, perawatan terhadap wajah adalah hal mutlak apalagi wajah menjadi aset penting dalam menghasilkan uang pada era modern ini.

Maka upaya menjamin wajah untuk tetap sehat dan cerah adalah sebuah keharusan yang tidak dapat diabaikan begitu saja, apalagi membiarkannya tanpa ada sedikit perhatian sama sekali.

Ada beberapa masalah yang dapat timbul akibat tidak eksfoliasi wajah secara rutin, dan ini tentunya harus menjadi perhatian.

Selain itu juga wajah yang kusam dan terlihat kotor menjadi tanda-tanda bahwa wajah kamu memang sedang butuh untuk di eksfoliasi.

Berikut beberapa akibat tidak eksfoliasi wajah yang bisa muncul :

  1. Bermunculan komedo
  2. Mudah berjerawat
  3. Kulit menjadi kusam
  4. Banyaknya kerutan pada wajah
  5. Wajah Berminyak

Bermunculan Komedo

Malas melakukan eksfoliasi dapat membuat masalah pada wajah, salah satunya adalah munculnya komedo yang cukup banyak terutama di area hidung.

Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, masalah komedo akan teratasi karena sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak dapat terangkat sehingga tidak lagi terjadi penumpukan pada bagian luar kulit wajah.

Wajah Berminyak

Karena adanya penumpukan pada pori-pori wajah, membuat terjadinya penyumbatan sehingga produksi sebum atau minyak alami wajah menjadi berlebih.

Kondisi ini jika dibiarkan dapat menjadi penyebab masalah lain seperti jerawat.

Mudah Muncul Jerawat

Jerawat dapat muncul ketika adanya bakteri bercampur dengan minyak alami wajah (sebum) secara berlebih.

Munculnya jerawat jelas dapat mengganggu penampilan dan tentu saja hal ini tidak diinginkan. Maka dari itu penting untuk melakukan perawatan berupa eksfoliasi secara berkala.

Kulit Menjadi Kusam

Akibat tidak eksfoliasi wajah berikutnya adalah kulit menjadi lebih kusam dan tidak cerah.

Jika kamu perhatikan secara umum orang yang memiliki wajah kusam bukan hanya soal warna kulit semata, namun lebih kepada pembiaran terhadap penumpukan sel kulit mati dan debu pada permukaan kulit.

Kulit yang kusam bisa menimbulkan masalah lainnya seperti jerawat. dan wajah yang kusam tentu saja tidak diinginkan, karena itu dapat mengurangi daya tarik dan kepercayaan diri.

Banyak Kerutan Wajah

Yang terakhir akibat tidak eksfoliasi wajah adalah terjadinya kerutan pada wajah atau kulit tidak lagi kencang dan elastis.

Kondisi ini dikarenakan produksi kolagen yang berfungsi mengencangkan kulit tidak optimal, sehingga kulit kekurangan kolagen dalam upaya menjaga tingkat elastisitasnya.

Maka dengan melakukan eksfoliasi secara rutin dapat membuat peredaran darah dan oksigen menjadi lancar, sehingga produksi kolagen dapat optimal sesuai dengan kebutuhan kulit.

Masalah-masalah diatas sebenarnya bisa diatasi dengan mudah yaitu melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi di rumah sendiri atau di klinik kecantikan favorit kamu.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatan dengan eksfoliasi wajah secara rutin. Salah satunya adalah menghindari terjadinya kerutan pada wajah sehingga wajah terlihat awet muda dan kencang.

Related Posts