Mengenal Apa itu Eksfoliasi Wajah dalam Perawatan Kecantikan

Salah satu kegiatan dalam perawatan kulit terutama wajah adalah eksfoliasi. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah sehingga wajah menjadi lebih cerah.

Dalam prateknya masih banyak wanita yang kurang memahami tentang eksfoliasi wajah, manfaatnya, serta cara melakukan dan apa saja produk yang pas untuk eksfoliasi ini.

Di pasaran ada banyak produk yang direkomendasikan oleh berbagai perusahaan kosmetik, namun ternyata tidak semuanya cocok untuk jenis kulit yang berbeda-beda pada setiap orang.

Sebelum jauh membahas tentang apa saja produk yang pas untuk eksfoliasi ini, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu eksfoliasi wajah.

Apa itu Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi adalah upaya untuk mengangkat debu dan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit paling luar dimana tumpukan tersebut menjadi penyebab kulit tampak kusam dan tidak menarik.

Maka eksfoliasi sangat dianjurkan dilakukan secara rutin agar wajah kembali cerah sehingga membuatmu terasa sangat nyaman dan mampu meningkatkan rasa percaya diri.

Eksfoliasi wajah yaitu kegiatan pengangkatan sel kulit mati atau debu yang menumpuk pada kulit wajah atau wajah sehingga membuat wajah tidak lagi terlihat kusam dan gelap.

Wajah yang kusam dan gelap ini tentu mengurangi rasa percaya diri, sehingga para ahli Dermatologi sangat menyarankan dilakukan eksfoliasi secara berkala.

Mengenal Eksfoliasi Kulit dan Wajah

Menurutk hellosehat, eksfoliasi ini sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin mengingat dapat membuat wajah menjadi tampak lebih cerah dan dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Apalagi diketahui bahwa kulit setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang berminyak, kering, lembab, wajah yang mudah berjerawata dan lain sebagainya.

Nah, dengan eksfoliasi secara teratur kamu akan bisa mendapatkan banyak manfaat salah satunya adalah mengurangi penumpukan sel kulit mati sehingga dapat membuat wajah menjadi tampak cerah dan segar kembali.

Manfaat Eksfoliasi Wajah

Ada cukup banyak manfaat dari eksfoliasi itu sendiri, dan apabila dilakukan secara rutin baik dirumah maupun di klinik kecantikan favorit maka manfaat yang kamu dapatkan bisa lebih banyak lagi.

Menurut siloamhospitals.com setidaknya ada 4 manfaat yang bakal kamu rasakan dari melakukan eksfoliasi ini, diantaranya :

  1. Dapat mencegah atau mengurangi munculnya jerawat pada wajah
  2. Membuat regenerasi kulit secara optimal
  3. Membantu kulit dapat menyerap skincare lainnya yang digunakan dengan baik
  4. Membantu memperbaiki tekstur kulit

Kapan Eksfoliasi Wajah Sebaiknya dilakukan

Pada umumnya kegiatan eksfoliasi yang dilakukan secara mandiri di rumah sebaiknya tidak dilakukan secara sering, saran dari dermatologi adalah setiap dua minggu sekali.

Namun untuk kulit atau wajah dengan kondisi tertentu seperti berminyak atau kulit sensitif, diperbolehkan melakukan eksfoliasi seminggu sekali.

Saran terbaik untuk eksfoliasi ini adalah buatlah jadwal rutin kapan eksfoliasi akan dilakukan dan terakhir dilakukan.

Hal ini dapat membantumu mengontrol dan melihat perkembangan dari eksfoliasi ini. Jika dirasa mendapatkan hasil yang kurang optimal dari eksfoliasi sendiri, disarankan untuk berkonsultasi di klinik kecantikan.

Apa Efek Eksfoliasi Wajah

Karena eksfoliasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan debu yang bertumpuk di permukaan kulit, maka efek yang ditimbulkan adalah membuat kulit kembali cerah karena peredaran darah pada kulit menjadi lebih lancar, sehingga vitamin dan mineral dapat tersebar dengan optimal.

Jika eksfoliasi dilakukan secara rutin, dapat memberikan banyak manfaat seperti yang telah dijelaskan diatas, dan akan memaksimalkan penggunaan skincare.

Perbedaan Peeling dan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada bagian permukaan kulit terluar.

Manfaatnya adalah membuat kulit terhindari dari jerawat, kusam menghilang, wajah kembali segar dan cerah, serta tekstur kulit menjadi lebih halus.

Sedangkan peeling adalah bentuk perawatan wajah yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada bagian dalam kulit dan membantu kulit untuk meregenerasi sel kulit dengan lebih baik.

Keduanya memiliki fungsi yang sama yakni mengangkat sel kulit mati, hanya saja jika eksfoliasi mengangkat sel kulit pada permukaan kulit luar, maka peeling mengangkat sel kulit mati bagian dalam.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa keduanya tidak saling bertentangan, namun saling mendukung satu sama lain untuk menghasilkan wajah yang cerah, segar dna cantik.

Bagaimana Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar

Buat kamu yang ingin melakukan eksfoliasi wajah dirumah, kamu bisa mengikuti panduan dibawah ini.

Pilih Produk Eksfoliasi yang Biasa Digunakan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan produk eksfoliasi yang biasa digunakan.

Yang harus kamu tahu bahwa suatu merk itu diformulasikan agar mendapatkan hasil yang optimal dengan produk lain pada merk yang sama (sepaket).

Misalkan produk eksfoliasi yang kamu gunakan adalah merk Wardah atau Emina, maka jangan mengkombinasikan keduanya, karena kamu tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.

Gunakan Produk Eksfoliasi yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Jika kulitmu adalah jenis kulit dengan masalah tertentu, seperti berminyak, kering, berjerawat, sebaiknya cari dan pilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Hal ini dimaksudkan agar kamu mendapatkan manfaat dan hasil yang maksimal dari eksfoliasi tersebut.

Seperti juga jika kulitmu adalah kulit berjenis kulit kering, maka sebaiknya pilih produk eksfoliasi tanpa scrub atau yang berbahan kimia aktif.

Lakukan Eksfoliasi dengan Lembut

Lakukan eksfoliasi secara lembut pada bagian kulit yang diinginkan, lakukan dengan gerakan memutar selama 30 detik.

Tidak disarankan melakukan eksfoliasi secara terburu-buru atau kasar, apalagi jika kamu menggunakan alat eksfoliasi, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Lakukan Eksfoliasi secara Berkala

Perlu diperhatikan jangan melakukan eksfoliasi jika terdapat luka pada kulit. Sebaiknya tunda hingga luka tersebut sembuh terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan rentang 1-2 kali dalam seminggu. Hal ini sangat disarankan bagi kamu yang memiliki wajah sensitif.

Namun jika wajahmu normal dan tidak memiliki masalah, maka kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Selain menggunakan produk-produk eksfoliasi yang populer, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami. Hal ini bisa menjadi alternatif jika kamu ingin memiliki kulit cerah secara alami dan terhindar dari resiko efek samping.

Dikutip dari dove.com dan beberapa sumber lainnya, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah, diantaranya adalah :

  • Oatmeal
  • Oatmeal dan Lidah Buaya
  • Oatmeal dan Lemon
  • Almond dan Susu
  • Timun dan Teh Hijau
  • Yogurt dan Gula
  • Bubuk Kopi dan Minyak Zaitun
  • Kulit Jeruk
  • Gula Pasir dan Madu
  • Kulit Pisang
  • Brown Sugar dan Lemon

Bahan-bahan alami tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah dilingkungan sekitar, dan sudah tentu memiliki harga yang lebih murah dan ekonomis.

Related Posts