Apakah Boleh Eksfoliasi Saat Berjerawat? Boleh, Tapi ada Syaratnya……

Salah satu kulit yang memiliki masalah berlebih adalah berjerawat, dimana jerawat disebabkan oleh adanya bakteri yang berada pada sel kulit mati dan bertemu dengan sebum pada wajah.

Lalu apakah boleh eksfoliasi saat berjerawat untuk mengangkat sel kulit mati?

Untuk mengetahui hal tersebut, pada artikel ini akan dijelaskan secara detail tentang apa yang boleh dan tidak boleh seputar eksfoliasi pada saat wajah berjerawat.

Apakah Boleh Eksfoliasi Saat Berjerawat
Sumber : Freepik.com

Apakah Boleh Eksfoliasi saat Berjerawat Melanda?

Kegiatan eksfoliasi biasanya dilakukan dengan dua cara yakni eksfoliasi secara fisik seperti scrub atau waslap, yang kedua adalah dengan cara kimiawi atau chemical exfoliating.

Sebelum membahas lebih jauh tentang apakah boleh eksfoliasi saat berjerawat, ada baiknya kamu mengetahui manfaat dari eksfoliasi tersebut.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah melakukan eksfoliasi, diantaranya :

  • Mencegah Munculnya Jerawat
  • Meratakan Tekstur dan Warna Kulit Wajah
  • Mengurangi Kerutan pada Wajah
  • Membersihkan Pori-Pori dari Kotoran
  • Meningkatkan Penyerapan Produk Skincare
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Oksigen
  • Meningkatkan Produksi Kolagen
  • Membuat Make Up Menjadi Tahan Lebih Lama

Pada dasarnya eksfoliasi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan durasi yang disesuaikan, namun begitu ada kondisi dimana wajah mengalami jerawatan yang memiliki potensi terluka saat melakukan eksfoliasi terutama phisical exfoliating.

Lalu apakah boleh eksfoliasi saat berjerawat?

Jawabannya adalah Boleh, tapi…...

Ada hal yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan eksfoliasi ketika wajah mengalami jerawatan.

Berikut adalah hal yang harus kamu lakukan saat eksfoliasi wajah dalam kondisi berjerawat :

Hindari Penggunaan Phisical Exfoliating

Phisical Exfoliating merupakan produk eksfoliasi yang berupa scrub atau cream dengan butiran-butiran halus.

Butiran-butiran halus inilah yang dikhawatirkan menjadi penyebab luka yang terbuka akibat gesekannya dengan jerawat yang tengah terjadi.

Selain itu, penggunaan phisical exfoliating mengharuskan penggunanya untuk melakukan pijatan atau sentuhan dengan sedikit penekanan pada kulit wajah, dan ini dikhawatirkan menjadi penyebab terjadinya gesekan pada kulit yang berjerawat.

Gunakan Eksfoliasi Jenis Chemical

Produk eksfoliasi terbaik pada kulit berjerawat adalah jenis Chemical, hal ini sesuai dengan yang dipaparkan oleh hellosehat.com dimana pada saat kondisi wajah berjerawat, hindari penggunaan phisical exfoliating dan lebih baik pilih yang berjenis chemical.

Produk eksfoliasi jenis ini lebih meminimalisir gesekan dimana produk akan langsung terserap oleh kulit karena berbentuk seperti serum, sehingga sangat pas untuk menghindari terjadinya gesekan yang berakibat jerawat menjadi terbuka (terjadi luka).

Artikel Menarik Lainnya :

Jangan terlalu sering melakukan Eksfoliasi dalam satu minggu

Pada kondisi normal, eksfoliasi boleh dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, dan untuk kulit berjerawat disarankan 1-2 kali dalam seminggu.

Namun demikian kamu tetap harus memperhatikan jenis produk eksfoliasi yang dipakai. Para dermatolog menyarankan produk eksfoliasi yang dipakai pada wajah berjerawat adalah berjenis chemical dengan kandungan glycolic acid (AHA), salicylic acid (BHA), dan lactic acid.

Kandungan tersebut dapat langsung terserap dan mampu mengangkat sel kulit mati secara efektif, sehingga dapat mengurangi sebum pada kulit dan jerawat pun mulai berkurang.

Namun demikian, ketika kamu telah melakukan langkah-langkah diatas namun tidak kunjung sembuh, sebaiknya lakukan konsultasi kepada dokter ahli untuk mengidentifikasi lebih lanjut tentang kondisi kamu, apakah jerawat yang terjadi karena proses jerawat pada umumnya atau karena faktor lainnya.

Itulah penjelasan tentang apakah boleh eksfoliasi saat berjerawat? Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.

Kata Kunci : apakah boleh eksfoliasi saat berjerawat

Related Posts