7 Manfaat Tomat dan Madu untuk Wajah

Madu dan tomat dikenal sebagai salah satu makanan yang sangat menyehatkan, apalagi madu dikenal sebagai salah satu produk dengna manfaat meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat tomat dan madu untuk wajah agar tetap terjaga dan jadi lebih cantik?

Madu dan tomat dapat dijadikan masker dengan tujuan untuk menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam yang melekat pada wajah.

Berikut penjelasan beberapa manfaat tomat dan madu untuk wajah beserta cara membuat masker dari kedua bahan alami tersebut.

manfaat tomat dan madu untuk wajah

7 Manfaat Tomat dan Madu untuk Wajah

Sebagai bahan alami, madu dan tomat dikenal memiliki banyak khasiat. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga untuk kesehatan wajah kamu.

Berikut ini beberapa manfaat tomat dan madu untuk wajah :

Membersihkan kotoran dan sel kulit mati

Tomat dan madu dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Proses pengangkatan sel kulit mati dikenal juga dengan eksfoliasi.

Ada banyak sekali produk eksfoliasi berbahan dasar kimia yang beredar luas baik dengan nama brand yang telah terkenal maupun yang masih baru. Namun bagi yang ingin melakukan eksfoliasai berbahan dasar alami, maka tomat dan madu bisa menjadi alternatif.

Dengan perpaduan tomat dan madu, kamu bisa mendapatkan manfaat eksfoliasi dari bahan alami.

Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Tidak hanya mampu mengangkat sel kulit mati saja, manfaat tomat dan madu untuk wajah lainnya adalah mampu menghilangkan jerawat dan bekas-bekas jerawat yang masih tersisa.

Bekas jerawat menjadi momok tersendiri, apalagi kerap menjadi masalah penyebab menurunnya kepercayaan diri.

Maka dengan masker tomat dan madu, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat yang membandel secara alami.

Menurut halodoc.com kandungan anti inflamasi pada madu dapat mengurangi pembengkakan jerawat, selain itu kandungan antibakterinya mampu membantu wajah memerangi bakteri yang menempel.

Mencerahkan kulit wajah yang kusam

Dengan terangkatnya kotoran dan sel kulit mati yang menempel, wajah kamu secara perlahan akan menjadi lebih cerah dan segar sehingga tidak lagi kusam seperti sebelumnya.

Dengan wajah yang cerah kembali, tentu akan dapat membuat kamu semakin percaya diri seperti sedia kala.

Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori wajah yang terbuka lebar kemudian tertutup oleh kotoran atau sel kulit mati dapat menyebabkan penumpukan dan produksi sebum (minyak alami wajah) secara berlebih.

Kondisi ini membuat wajah mudah mengalami masalah seperti kotor dan mudah berjerawat karena bercampurnya bakteri dengan sebum tersebut.

Mengurangi minyak berlebih pada wajah

Manfaat tomat dan madu untuk wajah berikutnya adalah mampu mengurangi produksi minyak (sebum) wajah secara berlebih.

Seperti diketahui bahwa sebum menjadi salah satu penyebab masalah wajah paling banyak saat ini.

Menghilangkan flek-flek hitam

Tidak hanya bekas jerawat, flek-flek hitam yang ada pada wajah juga dapat mengganggu penampilan kamu.

Maka dengan rutin menggunakan masker tomat dna madu, kamu bisa merasakan manfaatnya berupa flek-flek hitam yang menempel pada wajah hilang secara teratur.

Melindungi kulit dari serangan sinar ultraviolet

Menurut alodokter.com kandungan pada tomat dapat membantu kamu terjaga dari paparan sinar ultraviolet, namun begitu kamu tetap harus menggunakan produk sunscreen agar kulitmu tetap terjaga dengan maksimal.

Cara Masker Tomat dan Madu

Untuk mendapatkan manfaat tomat dan madu untuk wajah secara optimal, kamu bisa membuat masker dari kedua bahan alami tersebut.

Berikut cara membuat masker tomat dan wajah :

  1. Siapkan tomat yang dipilih kemudian dihaluskan
  2. Kemudian tambahkan madu secukupnya atau sesuai selera
  3. Campur kedua bahan tersebut sampai merata
  4. Lalu oleskan pada wajah secara merata
  5. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih

Apa Efek Samping Masker Tomat dan Madu

Selain banyaknya manfaat tomat dan madu untuk wajah yang bisa kamu dapatkan, ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan, diantaranya :

  • Tidak semua orang cocok menggunakan tomat sebagai masker wajah, ada beberapa jenis kulit yang alergi. Jika kamu memiliki jenis kulit yang mudah alergi, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan tomat sebagai masker.
  • Selain itu madu juga memiliki efek samping yang harus benar-benar diperhatikan, apalagi jika penggunaan masker madu dalam jangka panjang yakni dapat menyebabkan tinea versicolor yang merupakan jenis jamur kulit yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Tinea versicolor sendiri dapat menyebabkan munculnya bercak-bercak putih, kuning, atau coklat yang sering kali terasa kering dan gatal pada kulit

Related Posts